Sat. Dec 10th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Sosok PM Inggris Liz Truss: Saat Kuliah Pernah Dukung Hapus Monarki Inggris

1 min read

London -Liz Truss terpilih menjadi Perdana Menteri atau PM Inggris yang baru menggantikan Boris Johnson. Liz Truss terpilih menjadi perdana menteri yang baru terjadi pada Senin, 5 September 2022.

Liz Truss menjadi perdana menteri yang baru setelah berhasil mengalahkan kandidat lain eks Menteri Keuangan Rishi Sunak

Teripilhnya Liz Truss sebagai perdana menteri tidak mengejutkan karena banyak media dan lembaga survei yang menjagokan Liz Truss sebagai PM Inggris yang baru.

Liz Truss menjadi perdana menteri perempuan ketiga bagi Inggris, setelah Margaret Thatcher dan Theresa May.

Jejak Liz Truss

Melansir BBC, disebutkan bahwa ia memiliki nama lengkap Mary Elizabeth Truss. Truss lahir pada 26 Juli 1975 di Oxford, Inggris. Ia merupakan anak pertama dari empat bersaudara. Ayahnya merupakan profesor dalam bidang matematika dan ibunya merupakan seorang perawat.

Ketika ia berkuliah di Oxford University, ia mulai tertarik dengan dunia politik dan ia berhasil menjadi Presiden Demokrat Liberal Universitas Oxford.

foto

Ratu Elizabeth menyambut Liz Truss di Kastil Balmoral, Skotlandia, Inggris 6 September 2022. Jane Barlow/Pool via REUTERS

Ketika berkuliah, ia banyak berkampanye untuk menghapuskan monarki Inggris. Namun, ketika ia lulus kuliah pada 1996, ia bergabung ke dalam Partai Konservatif.

Tahun 2006, Truss terpilih menjadi anggota dewan di Greenwich dan ia berhasil menjadi anggota parlemen pertama yang masuk ke dalam pemerintahan pada 2012. Pada September 2021, Truss dipercaya untuk menjadi Menteri Luar Negeri untuk Urusan Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan.

Setelah Boris Johnson mundur dan tidak menjadi perdana menteri, nama Truss mencuat menjadi salah satu pengganti Johnson bersama kandidat lain Rishi Sunak. Pada akhirnya, Liz Truss terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris.

Baca juga !