Mon. Dec 6th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Tak Cuma Daging, Ini 5 Sumber Zat Besi Nabati untuk Penderita Anemia

2 min read

Kekurangan zat besi memicu anemia yang banyak diderita oleh perempuan, terutama perempuan hamil. Dampaknya, mereka jadi mudah lelah, pucat, pusing, dan kurang energi.

Sayangnya, seperti dilansir dari Health Direct, tubuh tak bisa membuat zat besi sendiri. Itu sebabnya, kita perlu mendapatkannya dari makanan.

Selama ini banyak orang berpikir sumber zat besi terbaik adalah daging merah dan hati. Sumber pangan hewani lain yang juga kaya zat besi di antaranya daging ayam, bebek, telur, dan ikan.

Padahal, tak sedikit juga zat besi yang bisa didapat dari pangan nabati. Apa saja? Ini dia:

1. Bayam
Sayur bayam menempati urutan teratas sebagai pangan nabati yang kaya zat besi. Yang bikin juara, selain kaya zat besi, bayam juga kaya vitamin C yang membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

2. Kacang merah
Meski kecil, kandungan gizi dari kacang merah tidak main-main. Selain sumber zat besi, kacang merah juga dikenal sebagai sumber serat, vitamin C, dan protein.

3. Brokoli
Selain kaya zat besi, brokoli juga kaya akan vitamin K, magnesium, dan vitamin C yang akan membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Brokoli juga dikenal sebagai makanan yang tinggi antioksidan, yang dapat membantu meningkatkan sistem imun dan mencegah proses penuaan dini.

4. Kacang kedelai
Kacang kedelai dan semua produk pangan yang terbuat dari kedelai seperti tahu, tempe, tauco, dsb, merupakan sumber zat besi. Kacang kedelai juga mengandung tembaga yang menjaga sistem kekebalan tubuh dan pembuluh darah tetap sehat, serta mangan yang berperan menjaga proses kimia dalam tubuh agar tetap normal.

5. Kentang
Selain sumber karbohidrat, kentang juga sumber zat besi yang konon lebih baik dibanding daging ayam. Coba olah kentang bersama brokoli dan wortel, agar semakin banyak zat besi yang diasup oleh tubuh.