Thu. Dec 8th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Terkejut dengan Serangan Balik Ukraina, Pasukan Rusia Mundur dari Kharkiv

1 min read

Kharkiv: Kementerian Pertahanan Rusia menarik pasukan dari dua daerah di wilayah Kharkiv, Ukraina. Dalam sepekan terakhir, serangan balasan Ukraina telah membuat kemajuan signifikan di wilayah tersebut.

Kabar penarikan pasukan Rusia disampaikan beberapa hari usai militer Ukraina membuat kemajuan nyata di selatan Kharkiv, kota terbesar kedua di negara tersebut.

Kemajuan ini disebut-sebut sebagai keberhasilan terbesar bagi pasukan Ukraina sejak berhasil memukul mundur militer Rusia yang berusaha merebut ibu kota Kiev pada April lalu.

“Tentara Rusia saat ini sedang menunjukkan aksi terbaik yang bisa mereka lakukan, yaitu memperlihatkan punggung mereka,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam sebuah video pada Sabtu malam, merujuk pada aksi melarikan diri.

“Dan, tentu saja, melarikan diri adalah keputusan terbaik bagi mereka,” sambungnya, dikutip dari laman TOI pada Minggu, 11 September 2022.

Juru bicara Kemenhan Rusia Igor Konashenkov mengatakan bahwa pasukan mereka hanya ditarik dari Balakliya dan Izyum untuk berkumpul kembali di Donetsk timur.

Izyum adalah pangkalan utama pasukan Rusia di wilayah Kharkiv, dan awal pekan ini, video di media sosial menunjukkan penduduk Balakliya bersorak gembira saat pasukan Ukraina mulai bergerak masuk.

Konashenkov mengatakan langkah penarikan dilakukan “untuk mencapai tujuan dari operasi militer khusus untuk membebaskan Donbas,” sebuah wilayah timur Ukraina tempat berdirinya dua daerah separatis yang telah dinyatakan Rusia sebagai entitas berdaulat.

Klaim penarikan pasukan untuk berkumpul kembali di Donetsk mirip dengan pembenaran yang diberikan Rusia saat gagal menguasai ibu kota Kiev.

Baca juga !