Mon. Nov 28th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Tiga Singa di Euro 2020: 5 Laga, 8 Gol, 0 Bobol, Meneror Lewat Udara

2 min read

Jakarta –

Inggris belumlah juara Piala Eropa. Tapi sejauh ini auman skuad Tiga Singa di Euro 2020 boleh dibilang sedemikian menggelegar.

Sudah lima laga babak utama Euro 2020 dijalani skuad besutan Gareth Southgate itu. Bukan cuma mampu jadi satu dari empat tim tersisa, Inggris juga melakukannya lewat torehan statistik apik.

Setelah melibas Ukraina dengan empat gol tanpa balas di laga perempatfinal, Inggris kini sudah mencatatkan 8 gol tanpa kebobolan satu gol pun di Euro 2020!

Bahkan jika ditambahkan dengan dua partai friendly sebelum kick-off Euro 2020, skuad Southgate sudah mencatatkan tujuh clean sheet secara beruntun alias tak bobol selama 662 menit. Jumlah itu disebut sebagai sebuah rekor dalam sejarah timnas Inggris.

LONDON, ENGLAND - JUNE 29: Timo Werner of Germany has a shot saved by Jordan Pickford of England during the UEFA Euro 2020 Championship Round of 16 match between England and Germany at Wembley Stadium on June 29, 2021 in London, England. (Photo by John Sibley - Pool/Getty Images)Salah satu aksi penyelamatan Jordan Pickford. Foto: Getty Images/John Sibley – Pool

Menilik catatan defensif Inggris selama Euro 2020, situs resmi UEFA menyebut bahwa kiper Inggris sudah membuat 9 penyelamatan sepanjang turnamen demi bikin gawangnya tetap perawan.

Bukan cuma mantap di belakang, Tiga Singa juga memperlihatkan tren positif dalam hal kesuburan di lini depan. Ini tak lepas dari mulai panasnya ‘mesin gol’ dari Harry Kane.

Di fase grup, Inggris cuma mampu bikin dua gol dari tiga pertandingannya. Kedua gol itu sama-sama dicetak oleh Raheem Sterling.

Kecenderungan itu sendiri sejatinya sudah lebih dulu bisa diterka jika menilik rekam jejak Harry Kane, yang biasanya membuat rentetan tertentu saat sudah mulai bisa menjebol gawang lawan.Memasuki fase gugur, Inggris menjalani dua pertandingannya dengan tambahan enam gol! Dua gol dicetak saat lawan Jerman dan empat lainnya ke gawang Ukrana. Separuh dari keenam gol tersebut dibuat oleh Harry Kane (1 gol lawan Jerman, 2 gol lawan Ukraina).

England's Harry Kane receives the ball before heading home his side's second goal during the Euro 2020 soccer championship round of 16 match between England and Germany at Wembley Stadium in England, Tuesday June 29, 2021. (Justin Tallis, Pool Photo via AP)Sundulan Harry Kane ke gawang Jerman di babak 16 besar. Foto: AP/Justin Tallis

Balik lagi ke jumlah total gol Inggris di Euro 2020, situs UEFA mengungkap sebuah fakta menarik. Dari 8 gol Inggris sejauh ini, mayoritas berasal dari sundulan. Rinciannya adalah 5 sundulan, 3 dengan kaki kanan, dan 0 dari kaki kiri.

Jumlah gol sundulan Inggris di Euro 2020 sejauh ini telak mengungguli semifinalis lain dengan rincian Spanyol 2 gol sundulan, Denmark 1 gol sundulan, dan Italia 0 gol sundulan. Teror udara Tiga Singa lebih ngeri ketimbang lawan-lawannya.

Baca juga !

1 min read