Sat. Oct 23rd, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Usai Bos Huawei Bebas, 2 WN Kanada Terjerat Spionase Dibebaskan China

1 min read

Ottawa – Dua warga Kanada yang ditahan atas tuduhan spionase oleh otoritas China akhirnya dibebaskan. Pembebasan keduanya dilakukan otoritas China setelah bos Huawei, Meng Wanzhou, dibebaskan oleh hakim Kanada.
Seperti dilansir AFP, Sabtu (25/9/2021), pembebasan pengusaha Kanada, Michael Spavor dan mantan diplomat Kanada, Michael Kovrig,itu diumumkan oleh Perdana Menteri (PM) Justin Trudeau dalam konferensi pers pada Jumat (24/9) waktu setempat.

Dalam pernyataannya, Trudeau menyatakan keduanya tengah dalam penerbangan pulang ke Kanada.

“Telah meninggalkan wilayah udara China, dan mereka dalam perjalanan pulang,” tegasnya.

Namun diketahui bahwa negara-negara Barat yang mengkritik China sebelumnya menyebut penahanan Spavor dan Kovrig itu sebagai ‘diplomasi penyanderaan’. Keduanya diketahui ditahan otoritas China beberapa hari setelah Meng ditangkap di Vancouver, Kanada, pada Desember 2018 lalu.

Pada Jumat (24/9) waktu setempat, hakim Kanada mengakhiri proses ekstradisi ke AS terhadap Meng dan mencabut jaminan bersyarat yang ditetapkan terhadapnya. Putusan ini secara efektif membebaskan Meng yang berstatus tahanan rumah selama tiga tahun terakhir di Vancouver.

Langkah hakim Kanada ini menyusul kesepakatan yang dicapai Meng dengan Departemen Kehakiman AS di mana dia mengakui pernyataan fakta soal kasusnya dan sebagai imbalannya, jaksa AS menangguhkan dakwaan peipuan terhadapnya sebelum akhirnya menggugurkannya.
Usai dibebaskan, Meng langsung terbang ke Shenzhen, China.

Sementara itu, Spavor dan Kovrig diketahui telah disidang di China sejak Maret tahun ini. Pada Agustus lalu, Spavor divonis 11 tahun penjara, sedangkan Kovrig belum dijatuhi vonis. Trudeau sebelumnya mengecam vonis Spavor ‘tidak bisa diterima dan tidak adil’.

Baca juga !