Fri. Oct 7th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Walkot Bogor Bima Arya Akan Bersaksi di Sidang Kasus Swab Habib Rizieq

2 min read

Jakarta –

Wali Kota Bogor, Bima Arya, hari ini menjadi saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum untuk perkara berita bohong terkait hasil tes swab Habib Rizieq Shihab (HRS) di RS Ummi. Bima Arya siap memberikan keterangan di sidang.

“Saya sudah berada di PN Jaktim, jadwal sidang jam 09.00 WIB,” ujar Bima Arya kepada detikcom, Rabu (14/4/2021).

Bima Arya mengatakan dia siap memberikan keterangan yang benar di persidangan. Dia juga siap jika diminta menunjukkan bukti-bukti di persidangan.

“Siap sampaikan semua keterangan data dan fakta, juga apabila diperlukan bukti bukti yang lain,” tegas Bima.

Bima Arya mengatakan jaksa juga akan menghadirkan Kasatpol PP Bogor Agustiansyah. Selain Bima dan Agus ada juga Kadinkes Bogor Sri Noworetno, mantan Kepala Seksi P3MS Dinkes kota Bogor Djohan Misali, dan anggota Satgas COVID-19 Vero Sopacua.

Pengacara Habib Rizieq, Aziz Yanuar, mengatakan hari ini jaksa akan menghadirkan 5 saksi. “Info dari sidang sebelumnya ada 4/5 orang (saksi),” ujar Aziz saat dikonfirmasi terpisah.

Sedangkan dari pantauan detikcom, Habib Rizieq sudah tiba di PN Jakarta Timur, Jalan Dr Sumarno, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, sekitar pukul 08.05 WIB. Rizieq tiba dengan diantar menggunakan mobil tahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur.

Habib Rizieq dkk tiba dengan pengawalan ketat sejumlah polisi. Selain itu, sejumlah polisi melakukan penjagaan di depan PN Jakarta Timur.

Kawat berduri di pasang di depan pagar pengadilan. Mobil water cannon, mobil Barracuda, dan mobil raisa (pengurai massa) disiagakan di depan PN Jakarta Timur.

Diketahui, Habib Rizieq hari ini bersama Dirut RS UMMI dr Andi Tatat dan menantunya, Hanif Alatas, akan menjalani sidang lanjutan kasus swab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Habib Rizieq didakwa menyebarkan berita bohong terkait hasil tes swab dalam kasus RS Ummi. Jaksa menilai perbuatan Habib Rizieq menimbulkan keonaran di masyarakat.

Atas perbuatannya, Habib Rizieq dijerat pasal berlapis. Berikut ini pasal yang menjerat Habib Rizieq dalam kasus tes swab RS Ummi:

Pertama primer: Pasal 14 ayat (1) UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP
Subsider: Pasal 14 ayat (2) UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP
Lebih subsider: Pasal 15 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, atau

Kedua: Pasal 14 ayat (1) UU RI Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, atau
Ketiga: Pasal 216 ayat (1) KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Baca juga !