Mon. Jan 30th, 2023

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Wapres Sebut Keluarga Berperan Penting Cegah Penularan COVID-19

2 min read

Jakarta –

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan keluarga memiliki peran penting dalam mendukung pemerintah untuk bersama-sama menanggulangi pandemi COVID-19. Diperlukan disiplin dalam menjaga kesehatan diri dalam keluarga untuk mencegah terjadinya penularan.

“Disiplin menjaga diri dalam keluarga ini menjadi begitu sangat penting, karena itu klaster keluarga ini menjadi strategis sekali,” ujar Ma’ruf dikutip dari laman Setkab, Kamis (19/8/2021).

Dia menuturkan selain kedisiplinan menjaga diri diperlukan juga cara pandang yang sama antar anggota keluarga dalam menjalankan protokol kesehatan. Ia mencontohkan beberapa cara yang dapat dilakukan seorang anggota keluarga setelah kembali ke rumah usai mencari nafkah.

“Saya kira di sinilah pentingnya pemahaman keluarga, sebab sekarang banyak klaster keluarga karena keluarga ini tidak disiplin. Dia keluar tanpa memperhatikan protokol kesehatan,” tuturnya.

“Begitu dia pulang, padahal di rumahnya ada orang tuanya, ada anaknya, ada istrinya, hingga akhirnya menularkan kepada keluarganya. Oleh karena itu, faktor keluarga harus memiliki pandangan yang sama dalam menjaga penularan COVID-19,” imbuhnya.

Di sisi lain, Ma’ruf juga menekankan peran penting keluarga dalam membangun optimisme anak-anak di masa pandemi. Ia mengimbau para anggota keluarga agar dapat memberikan pemahaman kepada anak-anak bahwa situasi ini hanya sementara.

“Kita harus memberikan gambaran situasi kepada anak-anak kalau yang dihadapi saat ini hanya sementara,” jelasnya.

Ia juga menilai anak-anak perlu diberikan gambaran situasi yang dapat membuat mereka senang, tidak merasa kesepian, dan jenuh sehingga ada sesuatu yang dapat mengalihkan perhatian mereka.

Dia mengelaborasi upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk membantu menjaga optimisme anak-anak dan keluarga di masa pandemi ini.

Upaya tersebut di antaranya dengan membangun infrastruktur digital agar anak-anak Indonesia dapat tetap menjalani proses belajar dengan baik secara virtual dan berinteraksi dengan teman-temannya serta pemberian bantuan untuk keluarga, seperti bantuan sosial, Program Keluarga Harapan bidang pendidikan, Kartu Pintar untuk membantu pendidikan masyarakat yang kurang mampu, dan bantuan kesehatan.

“Berbagai upaya dilakukan pemerintah dengan segala macam program dalam membantu keluarga supaya anak-anak memiliki rasa optimis dan terjamin,” pungkasnya.

Baca juga !