Sun. Sep 25th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Warga Gaza Rayakan Gencatan Senjata Hamas-Israel: Allahu Akbar!

2 min read

Palestinians celebrate in the streets following a ceasefire, in the southern Gaza Strip May 21, 2021. REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa

Gaza City –

Gencatan senjata yang tercapai antara Hamas dan Israel setelah terjadi pertempuran berdarah selama 11 hari terakhir disambut baik oleh warga Palestina di Gaza. Mereka melakukan perayaan dengan turun ke jalanan sesaat usai gencatan senjata diberlakukan pada Jumat (21/5) dini hari.

“Allahu Akbar dan Alhamdulillah,” teriak warga Gaza yang merayakan gencatan senjata, seperti dilansir Reuters, Jumat (21/5/2021).

Mobil-mobil memenuhi jalanan utama Gaza, dengan para pengemudi membunyikan klakson bersahutan dan melambaikan bendera dari jendela mobil.

Hamas, kelompok militan yang menguasai Gaza, menyebut pertempuran selama lebih dari sepekan terakhir itu sebagai perlawanan sukses atas musuh yang lebih kuat secara militer dan ekonomi.

Pengeras suara di masjid-masjid setempat menyerukan apa yang mereka sebut sebagai ‘kemenangan yang dicapai perlawanan atas pendudukan selama pertempuran Pedang Yerusalem’.

Sejumlah pria menembakkan senapan mereka ke udara dan yang lain menyalakan petasan dan kembang api.

Otoritas kesehatan Gaza melaporkan 232 warga Palestina, termasuk 65 anak-anak, tewas akibat pertempuran sejak 10 Mei lalu. Lebih dari 1.900 orang lainnya mengalami luka-luka akibat serangan udara dan gempuran artileri Israel ke Gaza.

Sementara otoritas Israel menyebut 12 warga tewas akibat rentetan serangan roket dari Gaza, dengan ratusan orang lainnya mengalami luka-luka.

Di Tel Al-Hawa, Gaza City, warga menyatakan mereka merayakan keselamatan mereka dan apa yang mereka pandang sebagai kemenangan. Beberapa orang saling berpelukan, dengan salah satu dari mereka menyatakan ‘waktu istirahat dari virus Corona’.

“Dengan jiwa dan darah, kami menyelamatkan Anda, Deif,” teriak mereka, merujuk pada nama komandan top Hamas, Deif, yang ada di daftar teratas buronan Israel.

“Ini adalah kemenangan besar atas pendudukan. Orang-orang perlawanan kami memaksa mereka untuk melakukan gencatan senjata,” sebut salah satu warga setempat, Ahmed Amer (30), saat melakukan perayaan bersama teman-temannya.

“Hari ini adalah saat Idul Fitri dimulai. Iya, kami turut berduka dan sedih bagi orang-orang kami yang kehilangan rumah dan kerabat mereka, tapi meski begitu, kami akan merayakan,” imbuhnya.

Di Ramallah, Tepi Barat, ratusan orang juga turun ke jalanan sambil berteriak: “Dengan jiwa dan darah, kami membebaskanmu, Gaza.”Seorang pria Gaza lainnya yang enggan menyebut namanya sambil menenteng senapan serbu AK-47 menyatakan: “Jari-jari kami ada pada pelatuk dan kami siap untuk bertempur lagi, tapi sekarang kami akan merayakan dengan orang-orang kami.”

Perayaan juga digelar di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, yang menjadi lokasi sengketa tanah antara keluarga Palestina dan pemukim Yahudi. Rencana penggusuran keluarga Palestina di Sheikh Jarrah menjadi pemicu protes warga Palestina yang berujung bentrokan berdarah di kompleks Masjid Al-Aqsa dan berakhir pertempuran Hamas dan Israel.

Baca juga !