Wed. Nov 30th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

WhatsApp Uji Coba Fitur Pembayaran Kripto

2 min read

NEW YORK — WhatsApp telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan sejumlah terbatas orang di AS mengirim dan menerima uang dari dalam obrolan menggunakan mata uang kripto. Fitur ini didukung oleh Novi, dompet digital Meta yang diluncurkan sebagai percontohan enam minggu lalu, dengan pembayaran yang dilakukan menggunakan Pax Dollars (USDP), sebuah stablecoin yang dipatok ke dolar AS yang dikeluarkan oleh Paxos.

Berita itu diumumkan oleh kepala mendatang Novi, Stephane Kasriel dan Will Cathcart dari WhatsApp, dilansir di The Verge, Kamis (9/12). Menurut situs web Novi, mengirim pembayaran berfungsi seperti mengirim lampiran lain di WhatsApp. Anda mengakses fitur tersebut melalui ikon klip kertas di Android atau ikon + di iOS, lalu pilih “Pembayaran” dari menu yang muncul.

Situs Novi mencatat tidak ada biaya untuk mengirim atau menerima uang, tidak ada batasan seberapa sering pembayaran dapat dikirim, dan tidak ada biaya untuk menyimpan saldo di akun Novi Anda atau untuk menariknya ke rekening bank Anda. Pembayaran ditransfer secara instan.

“Ada cara baru untuk mencoba dompet digital @Novi. Mulai hari ini, sejumlah terbatas orang di AS akan dapat mengirim dan menerima uang menggunakan Novi di @WhatsApp, membuat pengiriman uang ke keluarga dan teman semudah mengirim pesan,” ujar Stephane Kasriel (@skasriel) di Twitter, Rabu (8/12).

Fitur pilot Novi awalnya tersedia di AS dan Guatemala, tetapi WABetaInfo mencatat bahwa pengguna di Guatemala tidak akan dapat mengakses fungsi pembayaran WhatsApp yang baru. Sebagai gantinya, mereka harus terus menggunakan aplikasi Novi mandiri.

Pembayaran tidak memengaruhi enkripsi end-to-end WhatsApp, yang diterapkan secara default untuk semua percakapan pribadi. Pilot WhatsApp Novi tersedia dalam bahasa Inggris dan Spanyol.

Percontohan baru ini berakar pada rencana kripto Facebook (sekarang Meta), yang secara resmi diumumkan pada tahun 2019. Pada saat itu, Facebook (sebagai bagian dari Asosiasi Libra) berencana untuk mengembangkan dan meluncurkan kripto yang disebut Libra, yang akan dipatok ke sekeranjang aset volatilitas rendah daripada satu mata uang tertentu.

Ini akan terintegrasi dengan dompet digital yang dikembangkan Facebook yang disebut Calibra. Seluruh sistem dirancang untuk menawarkan cara mengirim uang ke seluruh dunia dengan biaya lebih rendah daripada metode tradisional.

Rencana-rencana ini telah banyak berubah sejak saat itu. Libra telah menjadi Diem, Asosiasi Libra telah kehilangan beberapa anggotanya yang paling terkenal dan menjadi Asosiasi Diem, dan Calibra telah menjadi Novi. Mungkin yang paling menonjol, Novi akhirnya diluncurkan tanpa kripto Diem.

Sebaliknya, Pax Dollars adalah karya dari perusahaan terpisah bernama Paxos, dan Meta mengandalkan pertukaran kripto Coinbase sebagai mitra penjagaannya.

Kepala Novi saat itu David Marcus mengatakan bahwa perusahaan masih berkomitmen untuk Diem ketika dia mengumumkan peluncuran pilot Novi pada Oktober.

“Kami bermaksud meluncurkan Novi dengan Diem setelah menerima persetujuan regulator,” cuit Marcus.

David Marcus kemudian mengatakan dia akan meninggalkan perusahaan pada akhir tahun. Dia menyebut pilot Novi di WhatsApp sebagai “hadiah perpisahan terbaik dari tim terbaik yang pernah ada!”

Sementara rencana pembayaran WhatsApp AS berkisar pada Novi dan kripto, di tempat lain di dunia itu sudah menawarkan pembayaran menggunakan mata uang fiat tradisional. Fitur ini mendapat peluncuran luas di India tahun lalu, dan juga telah diluncurkan di Brasil.